Waktu : 13.00-15.00 WIB
Pemateri : Dr. Paidi, S.Pd., M.TPd
Topic : Menulis Disain Pembelajaran
Modern
1.
Mencari data baik dari siswa atau konsumen,
tentang kesulitan atau hal-hal yang perlu dipelajari
2. Mengidentifikasi kebutuhan siswa akan bahan atau
materi berdasarkan data yang diperoleh
3. Berdasarkan langkah dua , dibuat analisis
intruksional/pembelajaran yang akan dirancang
4. Menganalisis karakteristik siswa yang akan
menjadi pemakai buku yang dirancang
5. Membuat rumusan tujuan intruksional khusus (
penggunaan istilah intruksional disini berdasarkan sumber asli yang
dikarang oleh Dick & Carrey
yaitu instructional)
6.
Melakukan penyusunan tes
7. Membuat perencanaan strategi intruksional/pembelajaran
yang akan digunakan ( contoh pembelajaran dirancang secara blanded learning)
8. Mengembangkan dan memilih bahan intruksional,
bahan pembelajaran yang dirancang dapat dibedakan menjadi 2, yaitu bahan tercetak dan bahan online. Dalam hal
perancangan bahan pembelajaran (buku) dapat digunakan teori rothwel
dan untuk bahan online bias menggunakan teori hannafin)
9. setelah draft bahan tersedia (langkah 8)
selanjutnya perlu dilakukan evaluasi formatif sbb:
a.
one-to-one expert dengan melibatkan 4 orang
pakar (pakar Desain, pakar Media, pakar
Materi, pakar bahasa);
b. One-to-one learner (melibatkan 3 orang siswa
yang berasark dari siswa peringkat atas,
menengah dan bawah);
c. Evaluasi Small group (melibatkan sekitar 9 siswa
yang berasakl dari kelompok,
menengah dan bawah);
menengah dan bawah);
d. Field trial yaitu tahap uji coba luas dengan
melibatkan siswa sekitar 30 siswa yang
berasal dari kelompokl Atas, menengah dan bawah. Setiap tahapan muai evaluasi
one- to-one, evaluasi small group akan menghasilkan namanya draft bahan
pembelajaran dan setelah field trial baru dinamakan prototipe bahan pembelajaran.
berasal dari kelompokl Atas, menengah dan bawah. Setiap tahapan muai evaluasi
one- to-one, evaluasi small group akan menghasilkan namanya draft bahan
pembelajaran dan setelah field trial baru dinamakan prototipe bahan pembelajaran.
10.
Melakukan evaluasi formatif
11.
Merancang dan mengembangkan evaluasi sumatif
Evaluasi Sumatif sifatnya tidak harus dilakukan dalam
proses desain pembelajaran karena harus dilakukan oleh pihak lain.
Sedangkan untuk
buku pembelajaran yang dirancang untuk keperluan penerbit bisanya pihak
penerbit sudah mempunyaio format/standar tertentu. Sehingga jika penulis ingin
memasukkan buku agar bisa diterbitkan oleh penerbit maka format yg digunakan
harus mengacu kepada format yang digunakan oleh penerbit.
B.
Keren.... semangat terus pak
BalasHapusMantapp pak semangat terus menulis
BalasHapus